Tuesday 17 July 2012

Angkara Syaitan


Di dalam Al-Quran, Allah mengatakan bahwa syaitan sangatlah kufur dan suka melawan. Kita juga belajar dari Al-Quran bahwa syaitan akan mendekati manusia dari setiap arah dan ia akan berusaha dengan segala cara untuk membawa manusia kepada kejahatan moral. Metode yang paling sering dilakukan setan dalam rencana jahatnya adalah menghalangi manusia dari melihat kebaikan dalam segala peristiwa yang menimpanya.

Dengan cara demikian, ia juga berusaha untuk menyesatkan manusia kepada pemberontakan dan kekufuran. Orang yang tidak mampu memahami keindahan akhlak Al-Quran akan jauh dari ajaran Islam dan mereka akan menghabiskan kehidupan mereka untuk mengejar kesia-siaan dan melupakan akhirat akan mudah jatuh dalam perangkap syaitan.

Seseorang harus melatih kesabarannya supaya ia dapat berusaha melihat kebaikan dalam semua peristiwa, untuk menunjukkan ketundukan dan kepercayaannya kepada Allah. Ketidakmampuan untuk melatih kesadaran seseorang hanya akan membawa kepada sikap yang salah.

Firma Allah: “Syaitan menjanjikan (menakut-nakutkan kemiskinan kepadamu dan menyuruh kamu berbuat keji (kikir), sedangkan Allah menjanjikan ampunan dan kurnia-Nya kepadamu. Dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.” (Al-Baqarah, 2: 268)

Firman Allah: “Dan jika syaitan datang menggodamu, maka berlindunglah kepada Allah (dengan membaca A`uzu billahi minasy-syaitanir-rajim). Sungguh, Dia Maha Mendengar, Maha mengetahui. Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa apabila mereka dibayang-bayangi pikiran jahat (berbuat dosa) dari setan, mereka pun segera ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat (Kesalahan-kesalahannya).” (Al-A’raf, 7: 200-201)


Hasil Nukilan,
Muhammad Nur Akmal

No comments:

Post a Comment